Senin, 26 Agustus 2019

Pemkab Bandung Wacanakan Gunung Wayang Jadi Taman Hutan Raya - Tribun Jabar | Rute Situ Cisanti

Pemkab Bandung Wacanakan Gunung Wayang jadi Taman Hutan Raya - Tribun Jabar

Hallo.., al-hamdulillah kita bisa bersua lagi disini, mudah-mudahan kita selamanya diberi kesehatan Oleh Allah swt. Dalam artikel ini akan menjelaskan tema tentang "rute situ cisanti, Pemkab Bandung Wacanakan Gunung Wayang jadi Taman Hutan Raya - Tribun Jabar". mari simak selengkapnya...

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Pemkab Bandung mewacanakan mengubah status Gunung Wayang menjadi Taman Hutan Raya (Tahura). Namun wacana tersebut lagi membutuhkan amatan menurut komprehensif dari sarwa stakeholder.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Teddy Kusdiana, berhenti acara Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Kawasan Pelestarian Alam di Kabupaten Bandung di Bale Winaya Soreang jumlah waktu lalu.

Pemkab Bandung Wacanakan Gunung Wayang jadi Taman Hutan Raya - Tribun Jabar

"Tentunya ini memerlukan kajian-kajian yang lebih mendalam, komprehensif dan integral dari sarwa stakeholder," ujarnya.

Kajian ini sangat diperlukan, agar pada saat tahura ini terbentuk, pengelolaannya lebih terpadu serta berbasis ekonomi kerakyatan. Menurutnya andaikan pemerintah pusat mendukung wacana ini, dan menunjuk otoritas pengelola yang ditentukan melalui peraturan perundangan, maka pengelolaannya diharapkan akan lebih terpadu.

"Intinya, merubah status akan tetapi perekonomian dan penghidupan masyarakat akan tetap terjamin dan menjadi prioritas," katanya.

Tukang Ledeng dari Kabupaten Bandung jadi Juara Umum Porpamda VI Jawa Barat

Wacana ini juga lagi terkait dengan upaya pemulihan Sungai Citarum hingga harus disikapi bersama akibat sarwa pemangku kepentingan. Terlebih lagi siap delapan daerah tingkat II metropolis yang dilintasi sungai tersebut, ialah Kabupaten Bandung, Sumedang, Cianjur, Purwakarta, Bogor dan Karawang serta Kota Bandung dan Cimahi.

"Jadi harus siap intervensi pemerintah pusat dan provinsi baik dari segi anggaran, kearifan maupun peraturan, dan harus dilaksanakan menurut bersama-sama akibat sarwa stakeholder dan masyarakat," tuturnya.

Pemkab Bandung Wacanakan Gunung Wayang jadi Taman Hutan Raya - Tribun Jabar

Menurutnya Bupati Bandung Dadang Naser kerap mengimbau penduduk terutama karet petani di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, untuk memperhatikan pola tanam. Seperti lahan di kemiringan harus siap sengkedan, tidak menanam sayuran di kemiringan lebih dari 30 derajat.

"Kemudian pengaturan pola tanam dengan memperhatikan sabuk gunung ialah dengan menanam pohon keras. Pola tanam ini menurut teknis diberikan akibat penyuluh-penyuluh pertanian. Jadi poin pentingnya pertanian jalan, kelestarian bidang juga tetap terjaga," ungkapnya.

Oke detil perihal "Pemkab Bandung Wacanakan Gunung Wayang jadi Taman Hutan Raya - Tribun Jabar". mudah-mudahan artikel ini berfaedah buat Kamu semua. salam

Sumber artikel https://jabar.tribunnews.com/2019/06/28/pemkab-bandung-wacanakan-gunung-wayang-jadi-taman-hutan-raya

Artikel Terkait

Berikanlah komentar Anda dengan bahasa yang sopan, santun, singkat dan mudah dipahami.
EmoticonEmoticon