Rabu, 14 November 2018

Citarum, Daripada Pemulihan Lebih Cepat Kerusakannya

Ternyata sungai Citarum, Daripada Pemulihan Lebih Cepat Kerusakannya. Hal itu merupakan sebuah informasi yang di beritakan TRIBUNNEWS.COM yang tidak boleh luput dari perhatian kita. Untuk lebih jelas, yuk baca beritanya di bawah ini!

Citarum, Daripada Pemulihan Lebih Cepat Kerusakannya

TRIBUNNEWS.COM - Banjir masih melanda kawasan Kabupaten Bandung meskipun upaya penanggulangan banjir ‎sudah dilakukan jauh-jauh hari.

Di Kecamatan Baleenah misalnya, pembangunan foler air di Kampung Cieunteung, rupanya belum menyelesaikan masalah.

"‎Karena apa yang dilakukan tidak menjawab akar masalah yang sebenarnya terjadi. Harusnya fokus ke akar masalah, misalnya alih fungsi lahan, maka harus ada upaya pencegahan alih fungsi lahan," ujar Direktur Walhi Jabar, Dadan Ramdan di Bandung, Selasa (13/11/2018).

Ia tidak memungkiri pemerintah sudah berjibaku untuk mengantisipasi banjir dengan sejumlah program, salah satunya program Citarum Harum oleh pemerintah pusat.

"Karena daya perusakan lingkungan yang terjadi 10 kali lebih cepat dibanding upaya pemerintah memulihkan lingkungan. Misalnya, di sisi lain pemerintah gencar upaya perlindungan Sungai Citaru, tapi di sisi lain perizinan industri dan properti di kawasapan resapan air terus diberikan," ujarnya.

Akibatnya, upaya penanggulangan banjir tidak pernah selesai. Di tengah kondisi tersebut, program pemerintah menanggulangi banjir tidak sejalan dengan pembangunan manusia di sepanjang Sungai Citarum.

"Program Sungai Citarum orientasinya ke pembangunan infrastruktur fisik, seperti sodetan, kirmir, pembuatan embung-embung. ‎Tapi satu hal penting, peran adab manusia terhadap lingkungan terabaikan," katanya.

Salah satunya, pemberdayaan masyarakat di hulu sungai. Menurutnya, banyak ketimpangan sosial di sekitar hulu sungai

"Jadi masalahnya terkait keberadaan tanah untuk petani di wilayah hulu tdk dijawab dengan program dan anggaran yang ada. Makanya penggarapan lahan konservasi terus berlangsung padahal warga bisa dialokasikan untuk garap kebun negara untuk bertani. Tapi kan saat ini tiak ada program yang mengarah ksana," ujar dia. (men)


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul : Walhi : Daya Rusak Sungai Citarum Lebih Cepat Dibanding Pemulihannya, http://www.tribunnews.com/regional/2018/11/13/walhi-daya-rusak-sungai-citarum-lebih-cepat-dibanding-pemulihannya.

Editor: Eko Sutriyanto

Artikel Terkait

Berikanlah komentar Anda dengan bahasa yang sopan, santun, singkat dan mudah dipahami.
EmoticonEmoticon