Senin, 01 Oktober 2018

Primadona Yang Terabaikan Di Situ Cisanti

Tags

Primadona Yang Terabaikan Di Situ Cisanti - Masyarakat disekitar Situ Cisanti umumnya bermata pencaharian sebagai petani. Dari bertani inilah kebanyakan warga masyarakat berhasil meningkatkan kemandirian dalam taraf hidupnya.

Kebanyakan orang yang berada diluar kecamatan kertasari memandang bahwa petani itu adalah penduduk desa yang hanya bermata pencaharian pokoknya dari sekedar menanam padi, sayuran, tanaman keras dan beternak dengan nuansa keringat yang selalu deras dikesehariannya.

Dari sisi latar belakang, petani sering dipandang sebagai orang-orang yang memiliki latar belakang bodoh dari segi pendidikan formal.

Dari sisi pergaulan sosial, petani juga sering disebut sebagai orang yang jauh dari keramaian dan tidak mengenal perkembangan dunia luar atau dengan kata kerennya tidak gaul.

Padahal, para petani adalah mereka yang telah berjasa besar dalam menghasilkan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, tidak hanya di pedesaan, namun kebutuhan pangan masyarakat kotapun sangat bergantung kepada para petani.

petani adalah Primadona Yang Terabaikan Di Situ Cisanti
Kebun kol dan wortel di Pejaten | situcisanti.com
Namun, sebagian besar dari pandangan itu, sudah terjawab oleh sebagian masyarakat petani yang tinggal disekitar situ Cisanti. Begitu pula dengan permasalahannya banyak yang berhasil dilewati.

Dari hasil pertaniannya ada petani yang berhasil menyekolahkan putra putrinya hingga bisa meraih hasil akademik. Tidak sedikit petani sudah mempunya anak yang berlatar belakang akademik S1, S2 bahkan ada dari S3. Dan itu merupakan bukti bahwa petani perdesaan memiliki pandangan yang jauh ke depan. Namun, walaupun begitu, permasalahan yang dihadapi para petani di sekitar Situ Cisanti masih sangat kompleks dan besar.

Oleh karena itulah, sangat penting memahami petani dan berbagai permasalahan yang mereka hadapi, berikut potensinya yang sangat besar yang sangat memerlukan pengertian dan perhatian, apalagi ditengan perubahan zaman yang sangat pesat ini, bila tidak disikapi dengan baik, akan membuat petani semakin terbelenggu dengan permasalahan yang lebih rumit.

Tanah adalah sahabat sejati bagi petani

Pertania Padulang Primadona Yang Terabaikan Di Situ Cisanti
Lahan Pertanian Padulang | situcisanti.com
Petani yang ada disekitar Situ Cisanti adalah petani perdesaan dimana mereka mengelola lahan pertaniannya dengan cara tradisional yang sudah mereka kenal kendati dalam beberapa aspek sudah menggunakan teknologi modern. 
Petani perdesaan (peasant) adalah bagian dari masyarakat desa yang memiliki tradisi tersendiri, memiliki hubungan dengan pasar dan kota, karenanya satu kelas tersendiri yang merupakan bagian dari susunan pelapisan masyarakat yang kompleks, didak terisolasi dan kurang memiliki otonomi politik dan mampu memenuhi kebutuhannya sendiri sebagai mana masyarakat kesukuan, tetapi unit - unit lokal mereka tetap banyak dipakai antara lain seperti identitas lama, integrasi, kelekatan terhadap tanah dan pemujaan (Kroeber, 1948: 284 dikutip dalam Foster, 1967:2).

Tanah bagi para petani di sekitar Situ Cisanti adalah sumber kehidupan yang tidak bisa dilepaskan. Kedekatan para petani dengan tanah sudah sangat melekat sehingga menjadi karakter yang tidak bisa dipisahkan dengan mereka.

Diatas tanah yang sudah menjadi sahabat sejati ini, mereka menanam berbagai jenis komoditi sayuran; kentang, wortel, kubis, bawang dlsb. dari setiap komoditi yang mereka tanam inilah ada harapan yang bisa mereka nantikan, yaitu terpenuhinya kebutuhan hidup, tidak hanya kebutuhan sendiri, melainkan kebutuhan keluarga, tetangga dan golongan masyarakat yang ada diperkotaan sana.
Baca Juga : Saat Presiden Joko Widodo menanam pohon di Situ Cisanti.

Bentrok dengan perubahan zaman

Perubahan zaman adalah keniscayaan yang tidak bisa dielakan. dari mulai pertumbuhan jumlah penduduk hingga persinggungan dengan dunia luar (perkotaan) telah mempengaruhi pola kehidupan petani perdesaan disekitar Situ Cisanti.

Pertumbuhan penduduk mengakibatkan meningkatnya kebutuhan lahan pertanian, dari kebutuhan lahan memunculkan perebutan penguasaan akan lahan oleh sebagian pihak dan dari sini persoalan pembabatan lahan oleh sebagian masyarakat telah memunculkan persoalan yang lebih kompleks karena melibatkan persoalan yang muncul diluar wilayah petani perdesaan yaitu persoalan pencemaran, banjir dan kelangkaan air bersih diperkotaan.

Kini, petani disekitar Situ Cisanti tengan mengalami dilema, disatu sisi dihadapkan dengan persoalan kebutuhan yang harus dipenuhi, disisi lain harus berhadapan dengan kebijakan yang dimunculkan oleh pemerintah, yaitu kebijakan yang bertujuan untuk menyelesaikan persoalan yang ada diwilayah perkotaan yang menganggap penyebab utamanya ada dilahan yang sedang digarap oleh para petani.

Itulah kini, Primadona Yang Terabaikan Di Situ Cisanti adalah pertanian yang selama ini telah memenuhi kebutuhan pangan tidak hanya untuk petani sendiri tetapi untuk memenuhi kebutuhan banyak orang dari semua kalangan. Namun kini ekonomi disektor pertanian ini telah ditempatkan sebagai kegiatan yang telah melahirkan persoalan berat diperkotaan.
Mari Membangun Mimpi Dengan Mencontoh Orang Sukses
Semoga sang primadona itu diberikan kesabaran dan kemudahan untuk menemukan jalan keluar dari persoalan yang tengah dihadapinya kini sehingga bisa kembali menerangi dan mengembalikan citra dan jati diri petani perdesaan yang berbudaya dan bermartabat. Amiin.

Artikel Terkait

Berikanlah komentar Anda dengan bahasa yang sopan, santun, singkat dan mudah dipahami.
EmoticonEmoticon