Jumat, 19 Oktober 2018

Panduan Membuat Mol ( Mikro Organisme lokal ) Dari Gunung Wayang

Tags

Panduan Membuat Mol ( Mikro Organisme lokal ) Dari Gunung Wayang - Panduan ini merupakan hasil praktek yang didokumentasikan sebagai aset yang akan dikembangkan oleah para aktifis dan praktisi pemuda gunung wayang. Dan sengaja dibagikan untuk seluruh masyarakat yang memiliki keinginan untuk melakukan pola tani yang ramah lingkungan.

Panduan Membuat Mol ( Mikro Organisme lokal ) Dari Gunung Wayang

Mol merupakan bakteri yang menguntungkan bagi tanaman. Mol juga bisa di jadikan pengurai untuk kompos ataupun starter buat pupuk organik cair ( POC ). pembuatan mol bisa juga memanfaatkan sisa-sisa, buah-buahan, limbah dapur dan sayur-sayuran.
Proses pembuatan mol. Siapkan bahan - bahan yang akan kita buat untuk mol. Misalkan buah - buahan yang tidak terpakai, bahan nya ialah.

- 1kg buah - buahan
-1/4 kg gula
- 1 liter air leri ( cucian beras )
- 5 liter air

Catatan : buah - buahan bebas asal jangab sama bijinya karna keras terkecuali di hancurkan terlebih dahulu. Gula bisa menggunakan gula merah atau putih.

Alat - alat yang harus di siapkan :
- taperware ( kapasitas 10 liter)
- selang waterpass ( 30 cm )
- pentil ( bekas ban motor )
- solder
- botol plastik

Panduan Membuat Mol ( Mikro Organisme lokal ) Dari Gunung Wayang

Caranya : buah - buahan di hancurkan atau bisa di cacah sampai hancur. Setelah itu gula di cairkan dengan setengah liter air panas, lalu dinginkan. Buah - buahan yang telah hancur langsung masukan ke taperware, dengan gula yang sudah di cairkan. Lalu masukan pula air cucian beras terakhir masukan air.

Tutup taperware yang sudah terpasang pentil dan selang waterpass. Setelah tertutup rapat masukan pula selang waterpass, kedalam botol plastik yang sudah terisi air. Atau biasa disebut dengan anaerob. Simpan selama dua minggu.

Setelah dua minggu, buka tutup taperware lalu liat. Kalau permukaannya berwarna putih dan terciun bau aroma tape/ peuyem. Itu tandanya berhasil. Kalau permukaannya berwarna putih tapi ada bintik - bitik hitam dan baunya busuk, itu tandanya gagal.


Catatan : usahakan ketika proses anaerob jangan ada udara yang masuk kedalam. Karna itu bisa mempengaruhi prosesnya. Dan simpan di tempat yang sejuk.

Demikian panduan membuat mol dari gunung wayang. Semoga hal sederhana ini bisa bermanfaat untuk banyak orang terutama para petani yang ada disekita Situ Cisanti. Dengan doa dan harapan semoga hal ini termasuk bagian dari ikhtiar untuk melestarikan lingkungan yang berkesinambungan.

Penulis : Asep Al-mubaroq

Artikel Terkait

Berikanlah komentar Anda dengan bahasa yang sopan, santun, singkat dan mudah dipahami.
EmoticonEmoticon