Minggu, 30 September 2018

Mari Mengenal Pemerintahan Desa

Tags

Mari Mengenal Pemerintahan Desa - Sebagai bagian dari masyarakat, kita pasti sering mengenal istilah pemerintahan desa, sudahkah kamu mengerti, mengenal atau memahami apa itu pemerintahan desa?..

Bila kamu sudah mengerti berarti postingan kali ini adalah tulisan yang sepantasnya kamu koreksi. Namun, bila ternyata ini merupakan hal baru, maka ini dijadikan sebagai referensi untuk mengenal pemerintahan desa.

Penting sekali bagi kita sebagai warga dari masyarakat desa untuk memahami atau mengenal apa sii pemerintahan desa itu?

Situ Cisanti, Mari Mengenal Pemerintahan Desa

Secara umum Desa diartikan sebagai kawasan pemukiman penduduk yang berada di pelosok-pelosok dan jauh dari keramaian seperti keramaian kota dengan udaranya yang masih sejuk.

Namun bila dihubungkan dengan pemerintahan, Desa merupakan bagian dari susunan sisten pemerintahan nasional paling bawah dan bersinggungan langsung dengan masyarakat.

Kendati merupakan bagian dari sistem pemerintahan nasional namun Desa masih memiliki kehususan yang bisa dibedakan dari pemerintahan yang ada diatasnya. Kemudian jauh sebelum adanya otonomi daerah, Desa sudah menjadi wilayah yang otonom.

Otonom bisa diartikan sebagai hal-hal yang dilaksanakan oleh masyarakt untuk kebutuhan masyatakat dan bersumber dari inisiatif yang ada dimasyarakt itu sendiri.

Dengan alasan itulah sehingga ada yang memberikan pengertian bahwa Desa adalah kesatua administratif, teritorial dan kesatuan hukum berdasarkan batas-batas wilayah tertentu yang dalam penyelenggaraannya oleh, dari dan untuk sekelompok orang atau warga yang menempati wilayah tersebut.

Kehususan lainnya adalah, bahwa desa merupakan kesatuan sosial yang didominasi oleh nilai-nilai kekerabatan yang kuat sebagai landasan dari pelaksanaan setiap hubungan yang terjadi diantara warganya.

Apakah penjelasan di atas telah memberikan gambaran tentang arti desa buat kamu?...

Sekarang, yuk kita telaah pengertian desa yang termaktub dalam UU no 6 tahun 2014;
Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Jadi, dari pengertian diatas bisa dipahami bahwa; desa memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurusi kepentinga warga masyarakatnya dalam segala aspek kehidupan yang menyangkut pelayanan, pengaturan dan pemberdayaan masyarakatnya. Selain itu desa memiliki hak pemeliharaan hak-hak asli masyarakat desa yang didasarkan pada keanekaragaman, partisipatif, demokratis, otonomi dan pemberdayaan masyarakat.

Siapakah yang menjalankan kewenangan, peraturan dan urusan desa itu?

Nah, yang menjalankannya itu yang kita kenal sebagai Pemerintahan Desa.
Pemerintahan Desa adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sementara Pemerintah Desa atau sering disingkat PEMDES itu terdiri dari ; Kepala Desa dan staf perangkat desa sebagai unsur pembantu dalam menyelenggarakan pemerintahan Desa.

Semoga penjelasan diatas bisa menjadi salah satu sumber wawasan bagi kita semua. Karena dengan mengenal dan memahami apa itu pemerintahan desa diharapkan kita bisa menumbuhkan keperdulian untuk membangun desa dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan dan peraturan yang ada.

Artikel Terkait

Berikanlah komentar Anda dengan bahasa yang sopan, santun, singkat dan mudah dipahami.
EmoticonEmoticon